Beraneka Peluang Bisnis Makanan

Bisnis kuliner bisa disebut sebagai “bisnis abadi” karena dari dahulu hingga detik ini bisnis kuliner baik makanan dan minuman tak akan pernah sepi oleh pembeli.

Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman menjadi salah satu kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang, inilah alasan kenapa dari tahun ke tahun usaha makanan semakin ramai saja.

Apalagi wilayah Indonesia adalah negara dengan tingkat konsumtif paling tinggi di dunia yang membuat peluang bagi kita untuk ikut andil di bisnis makanan ini semakin tinggi. Negara ini juga sangat terkenal dengan banyaknya ragam kuliner di tiap daerah. Apabila kita perhatikan peluang ini bisa dijadikan menjadi bahan dasar “inspirasi” untuk memulai bisnis makanan.
Saya Tidak Punya Pengalaman Pendidikan Memasak, Apa Bisa?
Mungkin inikah yang terlintas di pikiran Anda kalau mau mengambil peluang bisnis makanan bandung?

Ya, tak hanya Anda penulis pun juga kadang-kadang memikirkan hal demikian. Tidak hanya usaha makanan saja, namun di setiap bisnispun juga demikian. Apa bisa menjalankan usaha yang kita tidak memiliki pengalaman pendidikan apapun yang berhubungan dengan bisnis kuliner?

Baca juga  7 Cara Aplikatif Memulai Bisnis Burger dan Hotdog
Jika kita perhatikan, tidak sedikit orang-orang sukses berbisnis kuliner dan mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan memasak sekalipun.

Kami ambil contoh pendiri KFC, siapa sih yang tak tahu dengan fast food ini? KFC didirikan oleh Harland David “Colonel” Sanders.

Harland David memang pensiunan anggota marinir di Amerika Serikat dengan jabatan kolonel. Bahkan beliau memulai bisnis KFCini di umur 60 tahun! Bukan merupakan usia yang muda lagi bukan?

Di antara alasan utama kenapa beliau berhasil menjalankan KFC sampai seperti ini yaitu kegigihan dan passion yang kuat dalam bidang memasak.

Walaupun kita tidak mempunyai pengetahuan pendidikan di bisnis yang akan kita tekuni, namun asalkan kita punya kemauan untuk serius mempelajari maka hal tersebut dapat diatasi.

Jadi, tak ada alasan bahwa kita tidak mempunyai pengetahuan pendidikan dan umur yang masih terlalu muda atau cukup tua untuk menjalankan sebuah bisnis. Tidak ada istilah telat dalam memulai bisnis, tapi jika kita tidak mempunyai niat dan tekat untuk mengawalinya maka saat itulah kita sudah gagal.

Lalu Apa Saja Peluang Bisnis Makanan Bandung yang Menguntungkan?
Kalau boleh penulis katakan, sebenarnya semuanya menguntungkan. Sebab semuanya itu mempunyai “pasar” masing-masing.

Misalnya produk makanan A ditujukan untuk anak remaja, akan tetapi tidak sesuai untuk orang tua. Dan mungkin saja produk B pasarnya untuk orang tua namun tidak sesuai untuk anak muda.

Jadi, saran penulis lakukanlah riset terlebih dahulu tentang jenis makanan apa yang akan Anda jual. Riset yang paling utama yakni riset produk,target “market” dan lokasi menjual produk.

Setelah selesei menemukan jenis makanan apa yang ingin di pasarkan dan menentukan lokasi untuk memasarkan produk makanan maka belajarlah memanajemen produksi, pemasaran, dan lain-lain. Sebab lokasi ramai dan produk bagus saja tidak cukup agar makanan yang di jual bisa laku.

Nah jika riset sudah matang maka Anda telah siap untuk menjalankan peluang bisnis makanan bandung ini, segera mencari uang untuk modal awal. Anda dapat berhutang ke saudara atau keluarga terdekat, atau bisa saja menggunakan uang simpanan Anda. Semoga artikel singkat yang penulis sampaikan ini bermanfaat bagi Anda.

Sumber : https://ramesia.com/peluang-bisnis-makanan-bandung/
https://ramesia.com/

Cara Memulai Usaha Makanan Bermodal Kecil

Usaha makanan bermodal kecil dapat menjadi pilihan bisnis yang pas untuk Anda tekuni. Makanan ringan atau camilan kelihatan sekali telah menjadi salah satu jenis kuliner yang banyak menyebar di seluruh pelosok Nusantara. Dan masih banyak orang yang ingin menjalankan usaha tersebut.

Bisnis makanan ringan juga termasuk bisnis yang sangat prospektif ke depannya. Karena makanan ringan banyak dikonsumsi masyarakat saat begadang, bersantai, menonton tv, belajar, nonton bioskop atau saat mengerjakan kegiatan yang lain. Akan tetapi bila Anda hanya melihat saja tanpa melakukan aksi memang akan meragukan. Oleh karena itu Anda harus mencoba dan menjalankan bisnis tersebut sebagai salah satu usaha Anda.

Kunci Kesuksesan Seorang Pemula dalam Usaha makanan bermodal kecil
Usaha makanan bermodal kecil membutuhkan ketekunan dan pengelolaan yang baik. Kebanyakan pengusaha makanan bermodal kecil yang sukses merupakan pebisnis yang telah lama berjualan dan telah mempunyai pelanggan tetap, ditambah lagi makanan ringan yang dijual benar-benar inovatif dan rasanya yang sedap sebab kunci utama bagi para perintis bisnis makanan ringan adalah inovatif dan kreatif. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan seorang perintis usaha makanan bermodal kecil, diantaranya sebagai berikut:

a) Makanan Ringan Anda Mempunyai Kualitas Bagus
Makanan ringan yang akan dijual mesti mempunyai kualitas yang bagus, baik dari segi bahan baku yang digunakan, segi pembuatan maupun dari segi pengemasan. Bahan dasar yang digunakan haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung unsur zat yang berbahaya. Cara pembuatannya harus sesuai prosedur, misalnya gorenglah camilan Anda dengan menggunakan minyak yang berkualitas dan diganti secara teratur. Kemudian kemaslah camilan yang selesai digoreng dengan menggunakan kemasan yang bagus dan menarik.

b) Harus Penuh Inovasi Baik Dalam Produk Maupun Cara Pemasarannya
Pengusaha makanan bermodal kecil yang sukses ialah pebisnis yang selalu mempunyai inovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga membuat produk Anda lebih mudah dicari dan dibedakan oleh para konsumen. Oleh sebab itu tidak masalah produk yang Anda jual telah banyak di pasaran, asalkan makanan ringan yang Anda jual tersebut mempunyai perbedaan secara inovasi dengan produk yang telah banyak beredar.

c) Ciptakanlah Relationship dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas Mereka
Layanilah customer Anda dengan sangat baik dan bijaksana, tanpa mempedulikan Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Buatlah kesan yang mendalam pada customer Anda, dengan senyuman dan sapa walaupun hanya sekedar basa-basi, sehingga pelanggan Anda dengan senang hati akan berkunjung kembali. Disamping itu gunakanlah media sosial untuk mengiklankan makanan ringan yang dijual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan pembeli Anda, sebab hal ini akan memberi dampak positif, seperti promosi gratis dari teman ke teman customer. Promosi dari teman ke teman terbukti sangat bagus untuk mendapat pembeli baru serta meningkatkan penjualan.

Baca juga  Cara membuat Adonan Es Krim Enak
d) Mempunyai Strategi Marketing yang Bagus
Memiliki Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi keberhasilan bisnis Anda ke depannya, sebab itu, sebagai perintis bisnis makanan ringan, Anda harus dapat memakai strategi pemasaran yang bagus serta mampu membaca dan mengerti pasar untuk meningkatkan omset Anda. Seperti memberi potongan harga, meningkatkan bobot makanan, atau dengan membagi-bagikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di sekitar area yang menjadi pangsa pasar.

e) Visioner, Think Big, Think Positif
Mempunyai visi dan pikiran positif dalam hati dan pikiran pengusaha merupakan suatu keharusan. Dalam menjalankan suatu usaha diharuskan melayani customer dengan baik. Dan pikiran yang positif akan membantu Anda berpikir ke depan dengan tenang. hindarilah pikiran yang sempit dan negatif karena apa yang Anda pikirkan bisa menjadi kenyataan, oleh karena itu sangat penting untuk selalu positive thinking.

No comments:

Post a Comment

Langkah Awal dalam Memulai Usaha kopi robusta

Kopi adalah jenis minuman yang paling digemari banyak kalangan mulai dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang enak dan ...