Langkah Awal dalam Memulai Usaha kopi robusta

Kopi adalah jenis minuman yang paling digemari banyak kalangan mulai dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang enak dan mantap benar-benar pas dinikmati saat kapanpun. Mengkonsumsi kopi telah menjadi tradisi bagi warga Indonesia sejak dulu sampai sekarang. Ngopi sendiri banyak dilakukan orang-orang di pagi hari, sore hari ataupun pada malam hari yang biasanya waktu yang pas untuk meminum kopi.

Sudah tak heran lagi, tradisi ngopi ini sudah melekat di orang-orang mulai dari kalangan ekonomi menengah bawah hingga ekonomi menengah atas. Semua golongan masyarakat memang banyak yang tergila-gila kopi, jadi rasanya akan ada yang kurang jika melupakan waktu untuk meminum kopi.

Kopi itu adalah jenis minuman yang dibuat dari pengolahan butir kopi. Bulir kopi itu dihasilkan dari pohon kopi yang telah ranum dan dalu yang kemudian dikupas serta dijemur terlebih dahulu. Setelah fase pengeringan berlanjut ke tahap penyangraian kopi yang bertujuan untuk menciptakan cita rasa serta aroma kopi yang lebih nikmat. Metode ini berlangsung dengan menggoreng kopi tanpa menggunakan minyak, kemudian tahapan sangrai selesai butir kopi bisa digiling agar memperoleh bubuk kopi yang baik dan lembut. Bubuk kopi ini yang dinikmati untuk dibuat menjadi minuman yang mantap.

Negara Indonesia adalah negara yang menghasilkan kopi dengan jumlah paling banyak sedunia. Maka tak asing bila kopi dari Indonesia telah dikenal sampai mendunia. Salah satu jenis kopi yang memiliki peringkat pertama dengan kualitas terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi tersebut diperoleh dari kotoran hewan luwak yang diperdagangkan dengan nilai harga sangat besar.

Ramainya pengidola kopi di negeri ini dapat menciptakan sebuah peluang bisnis kopi yang menggiurkan serta menjanjikan. Produk yang menjadi target serta kesukaan masyarakat pasti akan menghasilkan income bisnis yang baik bagi pengusaha usaha kopi. Di masyarakat Indonesia sudah ramai bermunculan para pemain bisnis kopi mulai dari kedai kopi sederhana sampai warung kopi modern. usaha kopi ini ramai didatangi para pengunjung yang ingin bersantai atau bercengkerama bersama teman, keluarga, kekasih dan lainnya sambil menikmati segelas kopi. Warung kopi menjadi tongkrongan yang strategis dengan pengunjung kopi dari waktu ke waktu tanpa kendala musim panas ataupun hujan. Inilah yang membuat ramai penjual usaha kopi yang menjadi kesuksesan dengan income penjualan yang besar.

Terpana untuk mengeluti bisnis kopi yang menggiurkan? Peluang berbisnis kopi memang masih terbuka luas bagi siapa saja yang ingin menggarap langsung dalam bisnis tersebut. Usaha ini ringan ditekuni tanpa harus memiliki keahlian tertentu dalam menjalankannya. Meracik kopi tentulah tidak ribet dan susah semisal meracik olahan bumbu makanan kuliner. Dengan kegampangan proses pengolahan kopi yang simpel menjadi magnet tersendiri untuk sejumlah kalangan untuk menjalankan usaha kopi.

Baca juga  Bisnis Mie Udon, Lezatnya Bisnis Kuliner Asal Jepang
Membuat kopi sendiri mempunyai trik yang mudah dan umum yakni dengan menaruh pemanis dan kopi lalu ditambah dengan air panas, kopipun telah siap. Trik praktis Menyeduh kopi juga banyaknya penyuka atau pelanggan kopi di negeri ini menjadikan usaha kopi peluang suatu usaha yang menguntungkan. Lalu bagaimana langkah memulai atau menjalankan usaha kopi ? Untuk menguasai bisnis kopi ini Anda bisa menyimak hal-­hal berikut ini:

Memulai Usaha Kopi
Sedikitnya terdapat beberapa poin yang wajib Anda siapkan untuk memulai bisnis ini. Pahami betul dengan seksama.

1. Sasaran Pelanggan
Anda harus memikirkan matang-matang siapa sasaran pelanggan Anda. Siapakah yang akan menjadi konsumen utama usaha kopi Anda. Berapa penghasilannya. Seperti apa mereka menganggap cita rasa suatu kopi. Kalangan apakah mereka? Pelajar, pekerja pasar, kaum borjuis, pekerja kantoran, ataukah para penggemar kopi?

Memahami sikap customer akan membantu mengkonsep trik berikutnya. Misalnya tempat yang cocok, bentuk kode yang sesuai, dan harga yang tepat untuk kopi Anda. Bila modal Anda kecil dan menyasar konsumen kalangan menengah ke atas. Carilah teman atau investor yang ingin mendanai bisnis Anda.

Langkah simpel menemukan investor adalah membawa sertifikat tanah atau BPKB kita ke Bank. Namun ada langkah lain yang paling mudah dan effisien. Berusahalah untuk ikut serta kegiatan-kegiatan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga. Contohnya Wirausaha muda mandiri. Bila berhasil, Anda akan memperoleh pendanaan secara gratis.

2. Tempat Bisnis Kopi
Anda wajib menentukan lokasi paling ramai untuk membuka bisnis kopi ini. Lokasi menjadi hal penting dalam hidup matinya bisnis Anda. Contohnya saja Anda ingin memakai motif warung kopi sederhana, maka Anda dapat mendapatkan tempat yang selalu berdekatan dengan khalayak ramai yang gampang dijumpai.

Begitu juga bila Anda akan merancang bisnis kopi dengan kedai. Ini dapat sangat menolong jika lokasi yang Anda temui adalah lokasi yang berdekatan dengan universitas, mall, sekolah, kantor, dan lain-lain. Sedangkan bila Anda lebih berniat untuk menyuguhkan lidah pecinta kopi di suatu lokasi yang relax, Anda bisa menentukan lokasi di lokasi rekreasi.

3. Mendapatkan Supplier
Ini merupakan hal penting, yang sering dianggap sepele. Jika Anda membuka kopi untuk sasaran pelanggan kelas menengah ke bawah. Anda tak perlu ribet mencari supplier, di pasar banyak pebisnis kopi dari langsung ataupun tidak.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-kopi-robusta/

Usaha Roti Coklat Peluang Usaha yang Digemari Anak-anak

Membuat usaha pembuatan roti coklat dengan skala rumahan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang masih mencari usaha yang profitabel. Bisnis rumahan semacam ini masuk kedalam kategori home industri yang tidak memerlukan modal terlalu besar dan dapat dijalankan pada tempat dengan ukuran kecil hanya dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah usaha ini sudah bisa dijalankan karena peralatan berupa mesin yang dibutuhkannya tidak berukuran besar.

Usaha roti coklat rumahan seperti ini juga bisa dijalankan di berbagai lokasi karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah melihat di warung-warung pinggir jalan roti coklat macam ini dijual dengan beraneka rasa seperti coklat, moca, susu dan lain lain. Roti coklat dijajakan dengan harga bervariasi mulai dari 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan macamnya.

Itulah salah satu hasil dari produk bisnis roti coklat kelas rumahan ini, biasanya mereka memasarkan rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada orang yang bertugas datang untuk mengontrol berapa roti coklat yang laku terjual pada hari sebelumnya selain itu mereka juga menyetok kembali apabila stok roti coklat di kiosnya mulai habis.

Cakupan penjualannya bergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti coklat yang dikerjakan, jika kemampuan produksi rotinya masih minim biasanya lingkup pemasarannya cuma disekitar tempat produksinya, armada yang digunakan untuk berkeliling pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.

Sedangkan untuk bisnis pembuatan roti coklat rumahan yang sudah berskala cukup besar, lingkup penjualan mereka umumnya lebih luas karena daya produksi rotinya pun lebih besar, armada yang diperlukan untuk pemasaran biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti coklat dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Bisnis Roti Rumahan

Tertarik dengan model bisnis semacam ini? Pertama kali yang harus di persiapkan adalah keahlian atau kemahiran untuk membuatnya baik itu dimiliki sendiri ataupun dengan merekrut sumberdaya yang kompeten dibidang pembuatan roti coklat.

Sehabis itu juga perlu disediakan berbagai alat penunjang berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam mengadakan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak modal bisnis karena harga dari tiap mesinnya lumayan mahal, diantaranya yang biasa digunakan adalah:

Baca juga  Analisa Bisnis Franchise Bakso Bakar
Mixer, yang berguna untuk membentuk adonan utama pembuatan roti coklat.

Mesin Proofer atau lemari pengembang roti coklat, digunakan untuk melancarkan proses pemekaran adonan roti coklat sebelum masuk oven.

Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Berfungsi untuk membentuk dan membagi adonan roti coklat biar ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti coklat.

Berbagai alat penunjang lain juga dibutuhkan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti coklat dan lain sebagainya. Harga dari tiap-tiap mesin di atas bervariasi tergantung dari jenisnya, sebagai gambaran harganya sekitar 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sampai-sampai kalau Anda ingin secara lengkap memiliki seluruh mesin produksi roti coklat ini, modal yang harus Anda persiapkan sekitar 30 sampai 50 jutaan.

Agak besar memang modal yang diperlukan, namun jangan dulu berkecil hati jika modal usaha pembuatan roti coklat rumahan Anda belum sampai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas cuma sebagai gambaran biaya yang dibutuhkan untuk memiliki mesin pembuatan roti coklat yang bagus.

No comments:

Post a Comment

Langkah Awal dalam Memulai Usaha kopi robusta

Kopi adalah jenis minuman yang paling digemari banyak kalangan mulai dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang enak dan ...