Peluang Usaha Susu Kedelai di Bandung

Peluang usaha yang menguntungkan dengan modal tidak sampai satu juta, misalnya usaha susu kedelai bandung sangat cocok dikerjakan bagi orang-orang rumahan yang baru memulai usaha.Apalagi usaha ini termasuk minim resiko sebab bisa dilakukan dengan modal minim.

Walaupun peluang bisnis susu kedelai rumahan ini terbilang sepele namun bila mau mengerjakannya, maka bisnis di rumah dengan modal kecil yang menjanjikan ini bisa sangat membantu memperoleh penghasilan lebih.

Susu kedelai merupakan salah satu hasil pengolahan dari bahan baku biji kedelai. Susu kedelai banyak sumber protein dengan susunan asam amino yang sama dengan kandungan protein pada susu sapi. Hal ini membuat susu kedelai bandung sebagai pengganti dari susu sapi , lebih-lebih bagi orang-orang yang sensitif terhadap protein susu sapi.

Susu kedelai ini sangat baik bagi kesehatan serta menjadi minuman yang begitu populer untuk kalangan vegetarian. Banyak kalangan yang gemar minum susu ini dimulai dari anak kecil sampai dewasa. Susu kedelai ini mempunyai kelebihan untuk siapa saja yang mengkonsumsinya yaitu terdapat sumber protein yang bagus bagi kesehatan tubuh serta untuk tulang. Selain itu minuman ini juga bisa menurunkan kolesterol jahat yang berada di tubuh.

Susu kedelai adalah minuman yang mempunyai gizi yang tinggi terlebih dari kandungan protein. Selain memiliki protein yang tinggi minuman ini juga mempunyai kalsium, zat besi, fosfor, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Minum susu kedelai sama sehatnya dengan mengkonsumsi susu sapi. Meskipun apabila dibandingkan dengan susu sapi, harga dari susu kedelai ini lumayan murah.

Minuman ini dapat dibuat dengan langkah yang simpel memakai peralatan dan teknologi sederhana. Dalam membuatnya pun tidak membutuhkan keahlian khusus.

Dikarenakan segudang khasiat pada susu kedelai ini, maka bisa dimanfaatkan untuk sasaran usaha untuk memperoleh pundi-pundi rupiah. Peluang dalam usaha susu kedelai bandung ini cukup menjanjikan bila dikerjakan dan gampang untuk ditekuni. Bahan baku dalam membuat minuman ini bisa dicari dengan mudah sehingga untuk mengawali bisnis susu kedelai bandung ini cukup sederhana.

Baca juga  Cara Memulai Bisnis Roti Maryam
Persiapan dan Langkah Mengawali Usaha Susu Kedelai
Secara umum tak perlu persiapan yang rumit dalam membuat susu kedelai. Sebab alat-alat yang dipergunakan biasanya ialah alat-alat dapur yang pasti ibu rumah tangga sudah memiliki peralatan tersebut. Bahkan kebanyakan sudah terbiasa memakainya dalam aktivitas memasak di rumah. Alat-alat ini antara lain:

Blender
Alat ini wajib dimiliki sebagai modal usaha yang sifatnya untuk dipakai tiap kali membuat susu kedelai. Yang pasti pilihlah blender dengan kualitas bagus agar penggunaannya dapat tahan lama. Dengan dana maksimal 500 ribu maka sudah dapat blender bermerek yang bagus dan tahan lama.

Baskom dan Penyaring
Ini juga cukup perlu untuk dipunyai. Saringan dipakai sebagai alat menyaring susu kedelai biar lembut dan nikmat untuk dikonsumsi. Sedangkan baskom dipakai untuk tempat menyimpan sementara hasil saringan susu kedelai. Dengan budget sekitar 100 ribu untuk bisa memperoleh kedua alat ini.

Corong
Dibutuhkan corong untuk menyajikan susu kedelai yang sudah jadi untuk mencegah tumpahnya susu kedelai.

Sendok sayur
Sendok sayur dipakai untuk menyendok bermacam bahan yang digunakan dalam langkah pembuatan susu kedelai supaya selalu higienis serta susu dapat awet.

Perlengkapan
Meja
Tempat es
Plastik kemasan
Sedotan

Bahan-bahan
Kedelai 5 kg
Untuk permulaan usaha cukup siapkan kedelai sekitar 5 kilogram. Harga kedelai termahal berkisar 20 ribu/kilogram. Total 100 ribu digunakan untuk membeli bahan kedelai.

Gula dan bahan-bahan lain.
Siapkan dana sekitar 100 ribu guna membeli gula dan bahan lainnya.
Apabila dijumlah semua peralatan, perlengkapan dan bahan diatas maka akan menghabiskan budget kurang dari 1 juta rupiah saja.

Cara Membuat Susu Kedelai
Merendam
Cuci bersih biji kedelai dari kulitnya lalu setelah itu rendam dalam air bersih selama 10-16 jam.

Menggiling
Setelah direndam, lalu giling biji kedelai dengan blender lalu saring hasil gilingan tersebut untuk mendapatkan air kedelainya yang mempunyai warna putih. Sampai tahap ini langkahnya telah 75% selesai.

Merebus
Rebuslah air saringan kedelai tersebut dengan ditambahkan gula serta daun pandan sebagai penyedap. Aduk perlahan-lahan hingga mendidih kurang lebih 10-15 menit lalu dinginkan. Susu kedelainya sudah siap untuk dijual dengan memakai plastik yang tadi sudah disiapkan.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-susu-kedelai-bandung/

Cara Mudah Membuat Jus Kulit Manggis

Mengolah buah menjadi minuman jus manggis dapat Anda lakukan dengan mudah yaitu hanya mencampur beberapa bahan yang diperlukan ke dalam mesin blender, kemudian tunggu proses hingga halus berbentuk bubur buah. Tapi apabila Anda menginginkan cita rasa yang nikmat, enak dan segar saat diminum, Anda harus cerdas dalam menentukan komposisi buah, bahan utama dan bahan tambahan. Berikut tips selengkapnya.

Tips Membuat Jus Supaya Rasanya Enak, Lezat dan Nikmat Pada Saat Dikonsumsi
Mungkin Anda pernah bertanya, mengapa minuman jus manggis buatan saya rasanya aneh? Tidak nikmat, kurang segar atau malah menjadikan perut tidak nyaman (eneg). Padahal langkah-langkah membuatnya sudah benar dan bahan-bahan juga telah komplit. Apanya yang salah?

Tentu Anda sudah memahami bila buah-buahan yang dipergunakan sebagai bahan dasar olahan jus manggis memiliki kandungan vitamin, nutrisi, gizi dan enzim.

Itulah yang menjadi faktor utama olahan jus manggis buah menjadi salah satu minuman berkhasiat yang disukai banyak kalangan. Selain cita rasa yang lezat, cara mengolahnya juga mudah, hanya membutuhkan sebuah blender.

Tahukah Anda, minuman jus yang diolah menggunakan blender hakekatnya termasuk dalam jenis smoothies?

Perhatikan ciri-cirinya:
Minuman jus manggis atau smoothies teksturnya kental, mengenyangkan serta strukturnya seperti bubur buah. Sedangkan minuman jus (juice) yang asli ialah sari buah, pada umumnya diolah memakai alat bernama juicer.

Meskipun begitu, dua-duanya memiliki manfaat kesehatan yang sama, hanya beda dari sisi tampilan dan bentuk. Tidak mengapa apabila Anda menyebut smoothies menjadi jus, toh penduduk Indonesia lebih familiar dengan istilah tersebut.

Cara mudah Membuat Jus Buah Agar Rasanya Fresh
Usahakan menggunakan komposisi buah-buahan yang masih segar supaya rasa dan vitamin yang terkandung dapat diperoleh secara maksimal.

Hindari memadukan 2 adonan atau lebih dengan aroma yang sama-sama kuat atau tajam.

Agar tampilan jus manggis lebih eye catching, gunakan macam-macam variasi komposisi yang berwarna-warni. Misalnya jus Mangga diolah dengan jambu merah atau buah jenis lain.

Jangan takut untuk menambahkan air perasan jeruk nipis pada minuman jus olahan Anda karena air tersebut dapat menambah rasa sekaligus mengurangi bau tidak sedap terhadap bahan tertentu.

Baca juga  Cara Mudah Usaha Makanan Ringan untuk Anak Sekolah dengan Modal Kecil
Air perasan jeruk nipis dapat membuat jus menjadi lebih segar.

3 opsi agar jus menjadi lebih enak:
1) Masukkan es serut ke dalam mesin blender dan juga bahan yang lain
2) Gunakan air es dingin bukan air putih
3) Pakailah air putih lalu masukan potongan es batu di atas minuman jus yang siap saji.

Jika memungkinkan, jangan masukan pemanis, susu manis ataupun sirup kental karena dapat menghalangi penyerapan zat vitamin oleh tubuh.

Namun bila terpaksa, buatlah pemanis. Caranya rebus gula pasir bersama air dengan komparasi 1:1. Sirup gula lebih cepat larut dan bercampur dengan minuman jus daripada menggunakan gula pasir.

Setelah selesai, sebaiknya minuman jus langsung dikonsumsi karena bila terlalu lama didiamkan maka kandungan vitamin dalam minuman jus akan rusak akibat oksigen dan ultraviolet, hal ini mengakibatkan rasanya kurang nikmat sekaligus manfaatnya tidak maksimal.

Waktu yang terbaik untuk mengkonsumsi minuman jus adalah sebelum makan supaya penyerapan zat-zat gizi yang terkandung dapat sempurna.

Takaran jus untuk anak usia 6 bulan ke bawah baiknya tidak melebihi dari 177 ml atau kurang dari 1 gelas standar per hari.

Bonus Tips
Jika memakai mesin juicer, pakailah hanya buahnya sedangkan bahan pendukung seperti susu, air putih, sirup gula, madu disisihkan. Anda bisa menambahkan es batu setelah sari buahnya keluar atau menyimpanya kedalam lemari es agar jus terjaga kesegaranya.

Kembali ke penjelasan awal, minuman jus adalah sari buah yang diolah dengan memeras kandungan air di dalam buah tersebut.

Oleh karena yang dihasilkan ialah sari buah, lambung akan terhindar dari rasa tidak nyaman atau eneg. Berbeda jika menggunakan blender, dimana yang diperoleh adalah bubur buah dengan bentuk kental dan mengenyangkan perut pasti akan membosankan jika terus mengkonsumsinya setiap hari.

Solusi mudahnya, gunakan kain tipis (kasa) atau saringan khusus untuk memisahkan minuman jus dengan buih maupun remah-remah buah yang tidak hancur dengan maksimal.

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Jus:
1) Dua buah alpukat yang sudah matang
2) 80 mili liter gula cair, air matang secukupnya
3) Es batu seperlunya
4) Blender

Baca juga  Rasakan 5 Manfaat Mengkonsumsi Sayur Jengkol
Cara Membuat Jus:
1) Cuci semua bahan dan kupas kulitnya.
2) Campurkan semua ke dalam blender dan proses hingga halus.
3) Saring berikutnya tuang ke dalam gelas.
4) Sajikan dengan segera

No comments:

Post a Comment

Langkah Awal dalam Memulai Usaha kopi robusta

Kopi adalah jenis minuman yang paling digemari banyak kalangan mulai dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang enak dan ...